Puncak Hari Guru Nasional, 25 November 2018, dirayakan dengan berbagai acara, salah satunya adalah Upacara Peringatan Hari Guru Nasional. Yang mana dalam pelaksanaannya telah diterbitkan Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional 2018. Dalam artikel ini dilengkapi juga dengan susunan acara dan Amanat Pembina Upacara berupa Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta doa Upacara Bendera Hari Guru Nasional.

Sesuai dengan pedoman pelaksanaan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Senin, 26 November 2018. Upacara diselenggarakan di tingkat pusat (Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama), kantor Kedutaan atau perwakilan RI di luar negeri, kantor pemerintahan daerah (provinsi dan kabupaten/kota), UPT Kemdikbud, dan di sekolah atau madrasah.

Dalam melaksanakan upacara tersebut tentu dibutuhkan susunan acara upacara, teks amanat pembina upacara, dan teks doa upacara peringatan Hari Guru Nasional. Susunan acara upacara Hari Guru Nasional 2018 mengacu pada pedoman pelaksanaan yang telah ditetapkan. Amanat pembina upacara berupa pembacaan pidato atau sambutan Camat Tembilahan Hulu. Amanat pembina upacara dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018 adalah dengan membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pada Upacara Hari Guru Nasional. Amanat pembina upacara dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018 adalah dengan membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pada Upacara Hari Guru Nasional.