Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk mengenalkan program, sarana – prasarana sekolah, dan arah belajar, serta menanamkan konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur Sekolah Kegiatan ini dilakukan paling lama tiga hari pada minggu pertama masuk sekolah yang dilaksanakan pada hasil sekolah dan jam pelajaran dibawah tanggung jawab kepala sekolah. Perencaan dan penyelenggaraannya menjadi hak para guru. Pelibatan siswa senior dan alumni dilarang. Demikian juga dilarang melakukan pungutan biaya dalan bentuk apa pun.Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru bersifat edukatif bukan perploncoan. Karena itu, siswa baru diharuskan memakai seragam dan atribut resmi sekolah dan dilarang diberi tugas dan menggunakan atribut yang tidak relevan dengan tujuan kegiatan pengenalan ini.

Kegiatan PLS di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu dilaksanakan berdasarkan perlindungan payung Hukum dari  Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru

Ada lima tujuan yang hendak dicapai dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Pertama, mengenali potensi diri siswa baru. Kedua,membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.  Ketiga, menumbuhkan  motivasi, semangat,  dan cara belajar  efektif sebagai siswa  baru. Keempat, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya. Kelima, menumbuhkan perilaku positif untuk membantu para siswa memiliki etos kerja  dan semangat gotong royong pada diri siswa.

#Tujuan Masa PLS

Kegiatan hari-hari pertama masuk sekolah atau “ Pengenalan Lingkungan Sekolah “ bertujuan agar para siswa baru lebih mengenal kehidupan lingkungan sekolah,dapat segera menyatu dengan warga sekolah,sehingga siswa lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar disekolah mengetahui hal dan kewajiban sebagai warga sekolah serta mampu berperan aktif dan bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah. Siswa bisah memahami dan dapat melaksanakan tata kehidupan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Wiyatamandala. Siswa dapat memahami ,mengetahui dan melaksanakan kegiatan belajar secara baik,mengaktualisasikan prinsip-prinsip wawasan wiyatamandala.

#Pelaksanaan kegiatan masa PLS

Pelaksanaan Masa  Pengenalan Lingkungan sekolah biasanya berlansung selama beberapa hari dengan jadwal yang ditentukan oleh panitia yang ada di sekolah. Pesertanya adalah seluruh siswa baru. Biasanya Materi yang diberikan pada peserta Pengenalan Lingkungan Sekolah  antara lain :

1.Wawasan Wiyata Mandala

Wawasan Wiyata Mandala perlu dipahami, dihayati dan dapat dipraktekkan oleh segenap warga sekolah dalam kehidupan yang nyata, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan sekolah sebagai lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat belajar yang kreatif. Praktik Wawasan Wiyata Mandala dapat diwujudkan dalam pelaksanaan 6 K yaitu : Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan dan Kerindangan

2.Tata Krama Siswa

Tata Krama siswa secara harfiah adalah sopan santun kebersamaan atau sopan santun dalam suatu aktualisasi  dapat dilakukan melalui saling menghormati serta cara bergaul sesama teman.

3.Pengenalan lingkungan sekolah

Lingkungan  Sekolah SMP/SD adalah lingkungan baru bagi peserta PLS, oleh sebab itu perlu diperkenalkan kepada mereka hal-hal tentang : Mata Pelajaran, Cara belajar yang baik, Gedung serta fungsinya, Tata Tertib dan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

4.Bahaya N*r*o*a

N*r*o*a atau N*p*a adalah obat/bahan/zat yang bukan tergolong makanan. Jika diminum, dihisap, dihirup, ditelan atau disuntikkan, berpengaruh terutama pada kerja otak dan sering menyebabkan ketergantungan. Penyalahgunaan zat berbahaya biasanya diawali dengan pemakaian pertama pada usia SD atau SMP. Untuk pencegahan itu perlu disampaikan kepada siswa tentang akibat dan bahaya terhadap orang pemakai zat tersebut.

5.P B B ( Peraturan Baris-Berbaris )

PBB adalah kegiatan yang harus dipelajari serta dilaksanakan oleh siswa, dimana siswa harus tahu dengan peraturan yang berlaku dalam kegiatan PBB. Disamping itu  tujuan pokok dari kegiatan ini adalah untuk membentuk, sikap, mental yang baik juga untuk menjadikan siswa yang disiplin serta bertanggung jawab.

6.Kepramukaan

Program Pendidikan di sekolah saat ini diterapkan  Pendidikan siswa berkarakter. Pendidikan siswa berkarakter ini salah satunya diterapkan dalam kepramukaan. Untuk itu dari awal siswa sudah diberi pengetahuan tentang kepramukaan dengan tujuan materi kepramukaan yang dipelajari ini dapat diterapkannya sehingga  terbentuklah siswa-siswa yang  berkarakter baik.