Pembukaan Pembinaan Olimpiade Sains tingkat kabupaten kota di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu Senin 7 Desember 2015 dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab.Indragiri Hilir Drs.H.Helmi D, M.Pd didampingi oleh Kabid Dikmenti Drs.Suwardi,MM, Kasi Kurikulum SMA Drs.M.Rizal Fahlawi. M.Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu Dra.Hj.Wardiah.MM beserta Guru dan Siswa/i SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu.

Olimpiade Sains adalah ajang kompetisi siswa dalam bidang sains meliputi (matematika, kimia, fisika, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, geografi dan geosain). Kompetisi dilakukan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, propinsi, nasional, dan internasional. Prestasi bidang olimpiade sains merupakan salah satu indikator keunggulan sebuah lembaga pendidikan. Oleh karena itu, pembinaan tim olimpiade memerlukan kesungguhan dari semua pihak.

Pembentukan tim olimpiade diawali dari sosialisasi kepada siswa yang diadakan pada awal tahun pelajaran. Dilanjutkan pendataan peserta untuk selanjutnya diadakan tes seleksi untuk mendapatkan tim yang akan dibimbing oleh pembimbing khusus. Untuk menambah wawasan siswa dalam memahami tipe soal-soal olimpiade, SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu juga mengikuti berbagai tes yang diadakan di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu.

Materi pembinaan sistemnya akselerasi materi, yaitu siswa kelas X harus menyelesaikan cakupan kurikulum kelas XI dan siswa kelas XI harus menyelesaikan cakupan kurikulum kelas XII khususnya pada materi kelompok 1 dan 2 (Materi olimpiade dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu : 1. Materi yang sesuai dengan kurikulum SMA, 2. Materi hasil pengembangan dari kurikulkum SMA, dan 3. Materi yang tidak diberikan di SMA, tetapi diujikan pada kompetisi olimpiade.